Suatu ketika kita dihadapkan suatu pekerjaan menjumlahkan data dalam jumlah yang banyak. Kalau kita lakukan secara manual tentu melelahkan. Sedangkan menggunakan kalkulator meskipun bisa membantu tetapi masih banyak menyita waktu dan tenaga.
Pada posting kali ini akan disampaikan cara menjumlahkan data berbantuan komputer dengan memanfaatkan program pengolah data yaitu Ms. Excel. Mari kita ikuti langkah demi langkah berikut ini:
Buatlah data seperti di bawah ini.
|
Tabel persiapan menjumlah data
Tabel di atas hanyalah contoh. Untuk isi tabel yaitu nama dan nilai bisa diganti menurut selera. Adapun kolom rata-rata sengaja dibuat untuk melanjutkan posting ini yaitu mencari rata-rata dari sekelompok data.
Pada tabel di atas, klik sel H6 (kolom H sel nomer 6), mungkin data yang pembaca buat tidak sama dengan contoh di atas, jadi bisa menyesuaikan) lalu tulislah rumus =SUM(D6:G6) maksudnya adalah jumlahkan data yang berada di sel D6 sampai sel G6. Lagi-lagi mungkin tabel yang pembaca buat tidak sama dengan contoh. Harap menyesuaikan.
Setelah menulis rumus lalu tekan ENTER dan lihat hasilnya. Perhatikan contoh berikut!
Untuk menjumlahkan data pada sel-sel di bawahnya tidak perlu menulis rumus lagi, tetapi cukup sel yang sudah dicari jumlahnya tadi dicopy lalu di-paste-kan pada sel-sel di bawahnya
Nah, sekarang sudah pekerjaan kita sudah selesai, semua data pada sepuluh baris tersebut sudah dijumlahkan.
Demikian yang penulis sampaikan, barangkali masih berguna bagi pemula.
|