Kadang-kadang kita harus menulis bilangan berpangkat maupun indeks pada Ms. Excel. Bagi yang belum faham, pekerjaan ini cukup membingungkan mengingat fasilitas untuk ini tidak bisa ditampilkan pada Tab Ribbon seperti pada Ms. Word.
Perhatikan gambar berikut
Sebenarnya mudah saja. Pada tip kali ini akan penulis sampaikan 2 (dua) cara menulis bilangan berpangkat pada Ms. Excel.
Cara Pertama
1. Buka area kerja Ms. Excel kemudian ikuti petunjuk seperti pada gambar berikut.
2. Praktikkan dengan ketik angka 2 di samping huruf X yang anda buat tadi maka jadilah X pangkat 2 ( X kuadrat). Untuk pangkat 3 ketik angka 3 dan seterusnya.
UNTUK MEMBUAT INDEKS
Sama dengan cara di atas hanya saja pada kotak dialog seperti nomer 1 yang kita pilih (centang) adalah Subscrip (sebelah bawahnya Superscript)
Cara Kedua
Cara ini dilakukan dengan insert simbol. Perhatiakn dan ikuti petunjuk seperti pada gambar berikut
Untuk menulis pangkat 3 tinggal kita cari angka 3 yang posisinya di atas. Jika ingin menulis pangkat 12 misalnya, kita tinggal insert-kan angka 1 lalu angka 2 secara bergantian, demikian seterusnya.
Untuk cara ini tidak bisa untuk membuat indeks.
Demikian berbagi kali ini, semoga bisa membantu.